by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Konfigurasi WifiWave2 Mikrotik

Senin, 4 Desember 2023, 09:20:47 WIB
Kategori: Wireless

Wifiwave2 merupakan Fitur yang dimiliki RouterOS v7 dan merupakan Pengembangan dari Wifiwave1( Gen1 ). Wifiwave2  merupakan package tambahan yang diperuntukan untuk mengelola Wireless 802.11ax dan 802.11ac wave 2 yang sudah kompatibel. WifiWave2 untuk saat ini hanya support di beberapa perangkat mikrotik saja seperti perangkat yang memiliki arsitektur ARM,ARM 64bit serta RAM minimal 256 MB dan untuk sekarang perangkat yang support dengan wifi wave sebagai Berikut :

  • hAP ax lite
  • hAP ax²
  • cAP ax
  • hAP ac³ (non-LTE)
  • RB4011iGS+5HacQ2HnD*
  • dll 

Dari segi fitur, wifiwave2 di Mikrotik memiliki fitur berikut ini : 

  • Autentikasi WPA3 dan OWE (Opportunistic Wireless Encryption)
  • 802.11w standard management frame protection
  • Implementasi awal MU-MIMO dan beamforming
  • Kecepatan data maksimum 400Mb/s pada band 2.4GHz untuk chipset IPQ4019.
  • Kecepatan data maksimum 574 Mb/s pada band 2,4 GHz WiFi6
  • Kecepatan data maksimum 1200 Mb/s pada band 5 GHz  WiFi 6


Konfigurasi
Dari segi konfigurasi Wifi Wave 2 memiliki konfigurasi yang sedikit berbeda dengan pendahulunya dikarenakan letak submenu yang sedikit berbeda dan terpisah, sehingga kita memiliki beberapa cara untuk melakukan konfigurasinya. Untuk melakukan konfigurasi dasar wireless Wifiwave ada 2 cara yang bisa dilakukan : 

  1. Menggunakan interface wireless langsung
  2. Menggunakan template configuration 


Note : Extra Package Wifi Wave2 (Untuk yang belum)
Untuk menggunakan Wifi Wave2, pastikan anda menggunakan router yang sudah disebutkan di atas. Upgrade router ke Minimal versi RouterOS 7.1.2 atau yang lebih stabil. Package Wifiwave2 bisa di download di link berikut.


Berikut Konfigurasi interface Wifi Wave 2 menggunakan interface langsung : 
Untuk konfigurasinya bisa langsung menggunakan menu Wifi Wave 2, contoh akan terdapat 2 interface yaitu wifi1 dan wifi2 :


Tampilan dari Wifi Wave 2 

Untuk mengetahui frekuensi dari kedua interface tersebut, bisa membuka menu Radios. Akan terdapat informasi bands yang digunakan. 

 

General parameter
Misal ingin mengkonfigurasi interface wifi1. Jika dilihat secara detail, maka akan terdapat tab General. Pada Tab ini, kita dapat melakukan setting mode yang ingin digunakan. Mode yang saat ini disupport yaitu mode AP dan mode Station saja. 

 

Configuration
Pada Tab Configuration, terdapat beberapa pilihan parameter yang bisa digunakan.  Kita dapat melakukan konfigurasi SSID, Country, Chain, Antena Gain dan ada beberapa parameter yang lain bisa dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan.

 

Channel
Pada tab Channel, digunakan untuk menentukan band dan frequency yang akan dipakai. Jika router Anda support dengan 5Ghz ax dan channel Width 20/40/80Mhz maka bisa menggunakan band dan frequency tersebut. Penulisan parameter frequency harus ditulis secara manual, tidak ada pilihan drop-down. Pastikan penulisan frekuensi sudah sesuai dengan aturan country yang anda gunakan. 

 

Security
Tab Security digunakan untuk menentukan security yang akan dipasangkan pada interface wireless atau biasanya disebut dengan password. Yang menarik, terdapat tipe authentikasi baru yang hanya disupport oleh Wifi Wave 2 yaitu WPA 3 dan OWE. Berbeda dengan wireless generasi sebelumnya yang biasanya hanya support WPA dan WPA2. 

 

Apa itu WPA3 dan OWE? Apa perbedaan dan keunggulannya dibandingkan autentikasi lain? Berikut penjelasannya:

WPA3
WPA3 menggunakan enkripsi 128-bit dalam mode WPA3-Personal dan sistem Dragonfly Key Exchange, yang juga disebut SAE atau Simultaneous Authentication of Equals dan sehingga dapat membantu dalam mengatasi serangan seperti bruteforce ataupun dictionary attack serta serangan KRACK (Key Reinstallation Attacks) yang sering menjangkiti WPA dan WPA2.


OWE
Opportunistic Wireless Encryption (OWE) adalah standar Wi-Fi yang memiliki sistem autentikasi terbuka akan tetapi berbeda dengan autentikasi terbuka pada umumnya, OWE menyediakan "Perlindungan Data Individual" dan enkripsi traffic atau lalulintas sehingga lalu lintas data antara klien dan titik akses diindividualisasikan.untuk autentikasi OWE hanya bisa diterapkan di perangkat yang support saja.
berikut adalah tampilan dari perbadaan antara :
 

Perangkat yang support OWE

 

Perangkat yang tidak support OWE

 

Authentikasi terbuka tanpa OWE

dari gambar diatas menampilkan perbedaan antara device yang support owe dan tidak support dengan owe sehingga teman teman bisa menerapkannya pada konfigurasi kali ini yaitu ingin memilih WPA3 atau OWE sesuai kebutuhan anda. untuk konfigurasinya ada pada parameter security


Reset interface Wifiwave 2
untuk melakukan reset pada wifiwave2 tidak disediakan tombol secara GUI, sehingga untuk melakukan reset Anda bisa mengikuti Command Berikut :

 

Template Configuration
Selain melakukan konfigurasi secara manual pada interface wireless, opsi kedua Anda bisa konfigurasikan menggunakan Template configuration. Template Configuration merupakan cara mudah untuk melakukan penyetingan wireless pada MikroTik yang akan memberikan kita keuntungan untuk memiliki banyak template yang berbeda untuk kebutuhan yang berbeda pada suatu interface wifi.

Configuration
Dalam parameter Configuration kita bisa membuat template konfigurasi seperti mode=ap ,SSID sesuai keinginan dan country = indonesia.

 

Channel
Dalam parameter channel, kita bisa membuat template channel yang bisa difungsikan untuk membuat template konfigurasi channel. Kita dapat menyesuaikan Band, channel Widith, dan Frequency sesuai dengan Kebutuhan. Contoh di bawah menggunakan band 2 Ghz ax dan Channel Width 20/40 Mhz karna pada uji coba kali ini menggunakan Router Mikrotik hAP ax2 yang sudah support dengan Channel Width dan Band tersebut.

 

Wireless Security
kita dapat memberikan security WPA 3 di kombinasikan dengan WPA2 dan password sesuai dengan keinginan Anda.

 

Pemasangan template
Setelah template selesai dibuat, Kita dapat menerapkan pada interface wifi dengan cara masuk ke ? Interface Wifi Configuration ? masukan template pada parameter Configuration dengan begitu untuk AP telah selesai dikonfigurasi.

 

setelah melakukan semua konfigurasi kita dapat melakukan Monitoring Client yang terhubung Ke WiFi kita yaitu pada Registration 

Pengujian
Untuk pengujian atau hasil dari konfigurasi Wifiwave 2 sebagai berikut :

Bagaimana tertarik dengan perangkat WiFi 6 Mikrotik? Perangkat WiFi6 Mikrotik bisa di temui pada website citraweb.com atau melalui marketplace dengan nama Citraweb.


 




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Wireless