by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Perbedaan CRS Series

Jum'at, 14 Juli 2023, 08:53:39 WIB
Kategori: Tips & Trik

CRS atau Cloud Router Switch merupakah salah satu varian produk Mikrotik. CRS didesain untuk menghandle kebutuhan jaringan layer 2 (switching) namun perangkat ini di bekali dengan operating system Router OS sehingga perangkat ini bisa lebih powerfull lagi dikarenakan bisa menjalankan beberapa macam fitur yang terdapat pada router, seperti Manajemen user (Queue/Firewall), Hotspot, Routing, dll.


Setiap perangkat Mikrotik memiliki kode produk yang berfungsi untuk menuliskan spesifikasi hardware secara singkat. Perangkat CRS juga memiliki kode produk unik yang berfungsi untuk menuliskan spesifikasi hardware secara singkat. Sebagai contoh berikut kode produk pada salah satu perangkat CRS:



Saat ini, Produk CRS memiliki beberapa varian jenis, seperti CRS 1XX, CRS2XX, CRS3XX, dan CRS5XX (terbaru).
Lalu apa yang membedakan CRS series 1XX,2XX,3XX, dan 5XX?


Ada beberapa point yang sudah kami rangkum tentang perbedaan series CRS ini, yang pertama adalah

  • Fitur Port
    Ethernet
    Perangkat CRS memiliki bentuk dan spesifikasi yang berbeda-beda. Ada perangkat CRS yang memiliki port ethernet gigabit 1G, ada juga perangkat CRS yang sudah mendukung 10G ethernet, seperti pada perangkat CRS312-4C+8XG-RM.

    Fiber Optik / SFP
    Perangkat CRS juga memiliki interface Fiber Optik yang bervariasi, mulai dari port Fiber Optik dengan kapasitas 1G (SFP), 10G (SFP+), 25G (SFPXS), 40G(SFPQ), hingga 100G (SFPQ+).
    Perangkat yang memiliki port 40G adalah CRS326-24S+2Q+RM, sedangkan perangkat yang sudah mendukung 100G adalah CRS518-16XS-2XQ-RM

    PoE
    PoE atau Power Over Ethernet merupakan suatu fitur dimana daya listrik di lewatkan di dalam kabel ethernet. Pada CRS terdapat fitur PoE In dan juga PoE Out. 
    PoE In berfungsi untuk menerima supplay daya menggunakan kabel ethernet. Umumnya port PoE In ini hanya tersedia satu port, namun ada juga perangkat CRS yang memiliki banyak port PoE In, seperti perangkat netPower 15FR.
    Selain PoE In, ternyata ada juga perangkat CRS yang bisa memberikan supplay daya ke perangkat yang lainnya. Perangkat CRS ini memiliki fitur PoE Out. Dengan adanya fitur ini pada CRS, maka perangkat CRS bisa memberikan supplay daya ke perangkat yang lainnya seperti Router, CCTV, ataupun Access Point. Contoh perangkat yang mendukung fitur PoE Out adalah perangkat CRS328-24P-4S+RM.
     
  • Chipset
    Perangkat CRS tentunya di bekali chipset switch chip yang bertugas untuk menghandle kebutuhan layer 2. Bisa di bilang chipset switch ini merupakan komponen utama dari CRS. Switch Chip yang digunakan pada CRS ini tentunya berbeda-beda, dikarenakan switch chip memiliki kapasitas yang berbeda-beda juga. Untuk mengetahui jenis chipset yang digunakan maka bisa check pada menu switch, atau bisa juga dilihat pada datasheet perangkat.

     
  • Dual Boot
    Ada fitur yg cukup menarik pada CRS ini, yaitu adalah Dual Boot. Fitur ini memungkinkan kita untuk menggunakan operating system Router OS atau Switch OS. Kita bisa memilih salah satu operating system yang digunakan. Untuk fitur ini bisa digunakan untuk perangkat khusus saja seperti: CRS3XX series
     
  • L3HW Offload
    Fitur L3HW Offload atau biasa di sebut dengan  IP switching atau HW routing, memungkinkan perangkat CRS untuk bisa menghandle fitur router di dalam chipset switch. Sebagai contoh switch chip bisa menghandle trafik routing di perangkat CRS. Fitur ini hanya terdapat pada perangkat CRS tertentu saja seperti:
    CRS3xx: Switch DX3000 and DX2000 Series
    CRS3xx, CRS5xx: Switch DX8000 and DX4000 Series

     
  • VLAN
    VLAN atau Virtual LAN merupakan fitur yang umum sekali digunakan di dalam jaringan komputer. Dengan adanya VLAN ini maka kita bisa membuat beberapa macam service di dalam satu interface fisik. Terdapat kesalahan yang umum sekali terjadi ketika melakukan konfigurasi VLAN pada CRS ini. Dikarenakan konfigurasi VLAN pada perangkat CRS ini cukup bervariasi, ada dua metode yang bisa digunakan yaitu Bridge vlan atau Switch vlan.

    Dengan adanya kesalahan konfigurasi VLAN, maka trafik pada VLAN akan di handle oleh CPU yang menyebabkab CPU pada CRS akan tinggi.

    Lalu bagaimana konfigurasi VLAN yang benar?? Nah konfigurasi vlan yang benar adalah pada perangkat CRS 1xx,2xx konfigurasi di lakukan di menu switch, sedangkan CRS 3xx konfigurasi vlan di lakukan di menu bridge. Lalu detail konfigurasinya seperti apa? Sudah kami buatkan detail konfigurasinya pada youtube channel berikut:
    VLAN pada CRS 1XX,2XX
    VLAN pada CRS 3XX



Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Tips & Trik