by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Review MikroBits Etna v2 - Semakin kenceng dengan dapur pacu AMD EPYC

Senin, 20 Desember 2021, 11:26:34 WIB
Kategori: Tips & Trik
CPU kenceng, RAM besar, 10G ethernet wush wush, penyimpanan melimpah, ini adalah Mikrobits Etna v2. Berbeda dengan pendahulu nya yaitu Mikrobits Etna v1, Mikrobits Etna v2 menggunakan dapur pacu dari AMD Epyc yang tidak diragukan lagi performa nya. Mikrobits Etna v2 hadir dengan banyak fitur fitur yang akan sangat kita butuhkan pada saat implementasi.
 

CPU

Mikrobits Etna semakin powerfull dengan CPU dari AMD Epyc 3251 bertipe Zen dengan 8 cores dan 16 threads, berarsitektur 64bit x86, dan fabrikasi 14nm.
AMD Epyc 3251 memiliki clockspeed 2.5GHz dan bisa mencapai 3.1GHz di turbo frequency nya. CPU ini juga memiliki L1 8x32KB, L2 8x512KB, dan L3 2x8MB cache.
 
Fitur fitur CPU / output dari lscpu:
 

RAM

Untuk penggunaan seperti virtualisasi pastinya akan membutuhkan banyak memory. Mikrobits Etna dibekali 4 slot memory yang bisa dipasang maksimal 128GB per slot nya, artinya Mikrobits Etna ini memiliki kapasitas memory maksimal 512GB (2 x 8GB terpasang bawaan). Ini merupakan upgrade yang cukup terasa dimana di Mikrobits Etna sebelumnya maksimal memory yang terpasang adalah 256GB.
 
Memory yang didukung adalah tipe R-DIMM/U-DIMM DDR4-2666 non-ECC/ECC. Penggunaan memory ecc bisa mendeteksi dan memperbaiki jika terjadi data yang terkorup di internal.
 

Storage

 
Untuk penyimpanan Mikrobits Etna v2 memiliki fitur yang keren yaitu front bay hotswap. Fitur hotswap ini sangat kita perlukan di lingkungan produksi jika memang hardisk kita bermasalah dan ingin mengganti nya kita bisa melepas dan memasang hardisk pada kondisi mesin menyala.
Terdapat 4 bay atau wadah di bagian depan Mikrobits Etna v2, bisa kita isi dengan hardisk berukuran 3.5mm atau 2.5mm sata hdd/ssd.
 
Selain penyimpanan di depan, di dalam masih ada 3 x 2.5" SATA HDD/SSD (1 shared with slim internal DVDROM bay) yang bisa kita gunakan dan juga 1 x M.2 NVME SSD 2280 (yang sudah include 128GB SSD pada paket pembelian).
 

UEFI

Mikrobits Etna v2 menggunakan BIOS UEFI AMI dengan beberapa fitur yaitu plug and play, ACPI 2.0 Compliance Wake Up Events, SMBIOS 2.8 Support.
 

IPMI

 
Sebagai sysadmin tentunya kita tidak 24/7 di dalam ruangan server, ada kalanya kita berada di tempat yang jauh dari server bahkan diluar kota. Hal hal yang tidak diinginkan tentunya bisa saja terjadi kapanpun. Kita sebagai sysadmin tetap bisa melakukan pemantauan dan juga remote jarak jauh bahkan install ulang sistem operasi Mikrobits Etna menggunakan fitur IPMI(Intelligent Platform Management Interface). Fitur IPMI ini berada pada interface independen dan tidak sharing dengan interface jaringan yang lain.
 
 

Interface

 
Dengan 10GB Ethernet menggunakan chipset Intel X550-AT2 membuat Mikrobits Etna v2 ini sangat kenceng untuk di akses. Ada satu lagi Gigabit Ethernet yang berfungsi khusus untuk IPMI menggunakan chipset RTL8211E.
 

PSU

 
Power Supply merupakan jantung dari sebuah server yang fungsinya adalah menyuplai daya ke tiap tiap komponen. Mikrobits Etna v2 menggunakan 300Watt redundant PSU 80+ Gold (87%~90% efficiency) yang tentunya sangat efisien dan terdapat fungsi redundant dimana kita bisa menggunakan dua sumber listrik yang berbeda, satu sebagai utama dan satu lagi untuk cadangan.
 

Sensor

 
Mikrobits Etna v2 ini juga dilengkapi dengan sensor sensor suhu dan tegangan sehingga kita sebagai sysadmin bisa melihat secara realtime apakah terdapat masalah pada perangkat atau tidak.
 

Airflow

Sirkulasi udara dalam casing sangat berpengaruh terhadap suhu tiap tiap komponen nya. Semakin baik airflow maka semakin bagus mesin untuk tetap terjaga di suhu kerja nya. Mikrobits Etna di desain agar airflow bagus dan membuang suhu panas dengan baik. Terdapat 4 kipas pwm yang akan menyesuaikan kecepatan nya dengan suhu saat ini.
Produk ini juga dilengkapi dengan rackmount sliding kit yang memudahkan kita untuk melakukan pemasangan dan juga pemeliharaan
 
Untuk fitur fitur lain pada Mikrobits Etna v2 terdapat vga dsub untuk display, 2 x USB 3.0 (Front) + 2 USB 3.0 (Back), lampu led (power, lan, hdd), kipas pwm yang powerfull dan mudah diganti, dan juga terdapat PCIe x16 yang memungkinkan kita untuk menambah modul modul tambahan yang kita butuhkan seperti lan card.
 

Benchmark


Kami juga mencoba melakukan benchmark pada Mikrobits Etna v2 dengan spesifikasi berikut:
RAM 2 x 8GB
OS: Ubuntu 18.04 server
SSD: 128GB
 

Geekbench

 

Passmark

 
Artikel ini dibuat pada 20 Desember 2021



Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Tips & Trik